1. Korosi Merata
(Uniform Attack) :
Yaitu korosi yang terjadi pada
permukaan logam yang berbentuk pengikisan permukaan logam secara merata
sehingga ketebalan logam berkurang sebagai akibat permukaan terkonvensi oleh
produk karat yang biasanya terjadi pada peralatan-peralatan terbuka, misalnya
permukaan luar pipa.
2.
Korosi Galvanik (Galvanic corrosion) : Bentuk korosi ini terjadi bila dua (atau lebih)
logam yang berbeda secara listrik berhubungan satu sama lainnya berada dalam
lingkungan korosif yang sama. Dalam kasus demikian, logam yang berpotensial
paling negatif (dalam keadaan tidak berhubungan) akan terkorosi, sebaliknya
logam lain (logam mulia dengan potensial tinggi akan kurang terkorosi). Korosi
galvanik cenderung terlokalisir ke arah pembentukan sumuran, dan dalam sistem
pipa akan terjadi kebocoran-kebocoran. Ini hanyalah merupakan masalah
perencanaan karena dalam pabrik, sistem pipa dan rangka banyak melibatkan
pemakaian lebih dari satu macam metal. Oleh karena itu harus diusahakan
pemakaian paduan logam yang berbeda-beda, agar tidak sampai menimbulkan masalah
korosi.
3. Korosi Sumuran (Pitting)
: Korosi sumuran termasuk korosi
setempat dimana daerah kecil dari permukaan metal, terkorosi membentuk sumuran.
Biasanya kedalaman sumur lebih besar dari diameternya. Mekanisme terbentuknya
korosi sumuran,sangat kompleks dan sulit diduga, sungguhpun demikian ada
situasi tertentu dimana korosi sumuran dapat diantisipasi :
·
Pada
baja karbon yang dilapisi oleh mill scale dibawah kondisi tercelup (air laut)
akan terbentuk beda potensial antara mill scale dan baja hingga pecahnya mill
scale mengarah pada situasi anode kecil / katoda besar.
·
Pada
paduan yang mengandalkan pada lapis pasif untuk sifat tahan korosinya seperti
stainless steel. Dari segi praktis korosi sumuran terbentuk di dalam air
mengandung chloride, oleh karena itu sering terjadi pada kodisi dilingkungan
laut.
4.
Korosi Erosi : Gerakan air laut, seperti juga fluida lainnya dapat menimbulkan aksi
mekanis misalnya erosi (pengikisan). Immpingement attack dan cavitation adalah
bentuk extrem dari tipe korosi ini. Korosi erosi cenderung mengarah pada
penghilangan lapis protektif dari permukaan metal oleh aksi partikel abrasive
yang ada di dalam air. Umumnya laju serangan korosi membesar dengan membesarnya
kecepatan. Ada lagi bentuk erosi atau mekanisme lain, misalnya korosi lembaran
baja yang terpancang di pantai, dipengaruhi oleh aksi abrasive dari pasir,
dibantu oleh aksi pasang/surut atau angin. Pada kasus ini lapis protektif
dihilangkan.
5.
Impingement Attack : Seperti namanya bentuk serangan terjadi ketika larutan menimpa dengan
kecepatan cukup besar pada permukaan metal. Hal ini dapat terjadi pada sistem
pipa dimana perubahan arah tiba-tiba dari aliran pada lingkungan dapat
mengakibatkan kerusakan bagian lain dari pipa tidak terpengaruh. Bentuk korosi
ini akan terjadi pada setiap situasi dimana ada impingement
(timpa,bentur,tekan) air yang biasanya mengandung gelembung udara pada
kecepatan serendah 1 m/s.
6.
Perusakan Cavitasi : Bentuk perusakan korosi ini disebabkan oleh terbentuk dan pecahnya
gelembung di dalam air laut, pada permukaan metal. Kondisi pada kecepatan
tinggi dan perubahan tekanan cenderung menimbulkan korosi cavitasi. Serangan
biasanya terlokalisir dan terjadi di daerah tekanan rendah, air bergejolak
(boil) dan terbentuk dari partikel vacumm. Bila air kembali ke tekanan normal,
cavity pecah, dengan membebaskan energi. Hal ini mengarah pada perusakan
permukaan paduan logam.
7.
Korosi Celah (Crevice Corrosion) : Korosi ini terbentuk apabila terbentuk celah
antara dua permukaan dengan bagian dalam celah lebih anodic dari permukaan
luar. Pada dasarnya korosi celah timbul dari formasi differensial aeration
cell, dimana metal yang terexpose di luar crevice lebih katodic terhadap metal
di dalam celah. Arus katodic yang besar bekerja pada daerah anodic yang kecil
menghasilkan serangan korosi yang intensif.
thanks ya kak untuk ilmunya
BalasHapusharga excavator baru 2017
Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical